Bawahtanah → Wujudkan Sustainable Development Goals dengan Good Mining Practice
Rabu, 26 Oktober 2022

Wujudkan Sustainable Development Goals dengan Good Mining Practice

Penulis -
Editor -
Bagikan

Suistainable Development Goals mengusung prinsip 5P (People, Planet, Prosperity, Peace, and Partnership), menaungi 17 tujuan, dan 169 sasaran demi kemakmuran rakyat.

Lalu apa peran pertambangan dalam mewujudkan SDGs?
Kegiatan pertambangan harus direncanakan dengan matang dan dilakukan dengan baik dan aman sehingga bisa memberikan dampak dan kontribusi positif untuk masyarakat dan lingkungan.

Peran industri tambang dalam mewujudkan SDGs adalah dengan menerapkan good mining practice. Inilah poin-poin good mining practice yang selaras mendukung terwujudnya SDGs:

1. Kontribusi Dalam Kesehatan (SDGs Poin 3)

Bisa diaplikasikan dengan menerapkan K3 di perusahaan pertambangan dengan baik untuk menjamin kesehatan dan keselamatan karyawan.

2. Pendidikan (SDGs Poin 4)

Contoh penerapannya yaitu pembentukan community development untuk mengembangkan potensi masyarakat di sekitar area pertambangan.

3. Ekonomi (SDGs Poin 8)

Dengan berdirinya perusahaan pertambangan maka secara otomatis akan membuka peluang kerja bagi masyarakat, memberikan lapangan kerja bagi warga sekitar area untuk membuka usaha mandiri seperti toko kelontong, dan mendukung arus dagang jasa maupun produk alat-alat yang berkaitan dengan kegiatan penambangan.

Selaras dengan tujuan SDGs untuk melakukan pembangunan yang memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengganggu kebutuhan di masa depan, good mining practice sangat cocok untul dilakukan.

 

Post Tag
Lingkungan
Energi Terbarukan
Sustainable Development Goals

Artikel Lainnya

PT Bawah Tanah Solusindo
Copyright © 2010 – 2024 All Rights Reserved
chevron-downchevron-down-circle
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram