Bawahtanah → Test Sieve, Mesh, & Pulverizer. Apakah Itu?
Rabu, 26 Oktober 2022

Test Sieve, Mesh, & Pulverizer. Apakah Itu?

Penulis -
Editor -
Bagikan
Sumber gambar: PT. KME

Test Sieve/Sieving adalah sebuah test laboratorium untuk memisahkan material sesuai dengan ukuran partikel yang dikehendaki atau sederhana nya dapat kita sebut sebagai Test Ayakan.

Metode ini umum digunakan dalam analisa sampel tanah maupun batuan dalam industri pertambangan. Alat yang digunakan dalam Test Sieve yaitu Shieve Shaker.

Shieve Shaker atau pengayak, adalah alat yang digunakan untuk memisahkan partikel sesuai dengan ukuran yang dikehendaki dengan cara diayak dan disaring.

Umumnya shieve shaker memiliki mesin yang berfungsi untuk menggoyangkan/menggetarkan ayakan agar material terayak dengan baik.

Shieve Shaker terdiri dari beberapa bagian ayakan yang disusun secara vertikal yang memiliki mesh dengan ukuran yang bervariasi.

Mesh adalah lubang yang yang memiliki diameter tertentu yang akan meloloskan material apabila sesuai dengan ukuran nya.

Umumnya ayakan disusun mulai dari ukuran mesh terbesar hingga terkecil (semakin besar angka mesh maka semakin kecil ukuran partikel yang diloloskan)

Berikut ini adalah bagian-bagian shieve shaker, ukuran mesh, dan juga variasi ayakan nya.

Gambar Shieve Shaker

Ukuran Mesh Size

Gambar Shieve

Hasil sortasi partikel itulah yang nanti akan digunakan untuk analisa laboratorium sesuai dengan kebutuhan nya.

Umumnya dalam kebutuhan test laboratorium pada komoditas batubara dan bijih mineral diperlukan sampel berukuran 200 mesh.

Nah untuk menyiapkan sampel dengan ukuran tersebut diperlukan alat khusus bernama pulverizer.

Pulverizer berfungsi menggerus dan menghaluskan material hingga mencapai ukuran 200 mesh sehingga proses penggerusan sampel dapat dilakukan secara otomatis dan efisien.

Pada komoditi Nikel, sampel ukuran 200 mesh ini digunakan untuk preparasi sebelum dilakukan analisa XRF (X Ray Fluorescent).

Jadi shieve shaker berfungsi untuk memisahkan material berdasarkan ukuran partikel nya saja, namun untuk melakukan preparasi sampel dengan kebutuhan spesifik di ukuran 200 mesh, diperlukan pulverizer sebagai alat bantu agar penggerusan/penghalusan sampel dapat dilakukan dengan efektif dan efisien.

Post Tag
shieve shaker
alat tambang

Artikel Lainnya

PT Bawah Tanah Solusindo
Copyright © 2010 – 2024 All Rights Reserved
chevron-downchevron-down-circle
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram