Bawahtanah → Prospek Karir di GIS (Geographic Information System)
Senin, 23 Oktober 2023

Prospek Karir di GIS (Geographic Information System)

Penulis - Falah Luthfi
Editor - Tim Bawahtanah
Bagikan

Meningkatknya kebutuhan GIS Specialist di berbagai sektor usaha membuat bidang studi GIS (Geographic Information System) memiliki prospek kerja yang bagus dan memiliki pertumbuhan market yang cenderung meningkat.

GIS (Geographic Information System) , GIS merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk mnegumpulkan, mengelola, menganalisis, dan memvisualisasikan data geografis dan spasial.

 

Data yang dimaksud disini adalah seperti data koordinat, cuaca, geologi, topografi, hingga data cuaca. Nah GIS inilah yang akan memungkinkan pengguna untuk menggabungkan dan mengolah data-data tersebut.

Menurut riset dari University of Southern California, tren karir di bidang GIS ini akan meningkat dimana rentang gaji rata-rata pekerja GIS dapat mencapai 1.012.524.255/ tahun. Menarik kan?

 

Jadi dilansir dari laman University of Souther California terdapat 4 prospek karir di bidang GIS ini yang memiliki gaji besar, yaitu :

1. AHLI GEOGRAFI

Ahli Geografi memiliki tugas penting untuk melakukan pemetaan, menganalisis data geografis, dan mengolah data berbasis lokasi. Pada tahun 2017, gaji rata-rata seorang ahli geografi adalah di angka Rp 1.218.480.795/tahun.

 

2. AHLI KARTOGRAFI DAN FOTOGRAMETRI

  • Ahli kartografi bertugas untuk membuat peta dengan berbagai tingkat detail dan pemilihan proyeksi peta yang sesusai, melakukan generalisasi data dan menentukan sistem koordinat yang digunakan dalam pemetaan.
  • Ahli Fotogrametri bertugas untuk membuat peta dan model permukaan bumi, analisis data spasial dan pemantauan perubahan geografis berdasarkan data citra setelit.

Diperkirakan bidang ini akan tumbuh sebesar 19% antara tahun 2016-2026 dengan prediksi gaji rata-rata sebesar Rp 1.014.449.467.

 

3. URBAN PLANNER

Seorang Urban Planner/Perencana Wilayah dan Kota akan memanfaatkan teknologi GIS untuk membuat, menganalisis, dan merencanakan tata ruang perkotaan serta transportasi dengan lebih efisien.

Pekerjaan ini diperkirakan akan tumbuh hingga 13% di tahun 2026 dengan gaji rata-rata sebesar Rp 1.133.348.842/tahun.

4. Surveyor

Surveyor akan mengumpulkan basis data lokasi yang akurat dan dengan memanfaat GIS mereka akan mengolah informasi tersebut untuk keperluan pengembangan dan pengelolaan wilayah.

Pertumbuhan pekerjaan ini diperkirakan hingga 11% di tahun 2026 dengan gaji rata-rata Rp 969.267.705/Tahun.

Post Tag
Prospek Kerja GIS

Artikel Lainnya

PT Bawah Tanah Solusindo
Copyright © 2010 – 2024 All Rights Reserved
chevron-downchevron-down-circle
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram