Bawahtanah → Mengenal Tahapan Preparasi Sampel Batubara
Rabu, 26 Oktober 2022

Mengenal Tahapan Preparasi Sampel Batubara

Penulis -
Editor -
Bagikan
Sumber gambar: PT. KME

Mengenal Tahapan Preparasi Sampel Batubara

 

Sebelum dilakukan analisis, sampel batubara yang diambil baik dari tambang maupun stockpile harus terlebih dahulu dilakukan preparasi.

Preparasi sampel batubara terutama rapid ash test umumnya memiliki tahapan yaitu:

  1. Penimbangan Sampel yang di kemas dalam plastik sampel yang diambil dari tambang maupun stockpile akan ditimbang terlebih dahulu, kemudian sampel diberi tanda atau label penamaan yang umumnya mencakup Nama Seam, Pit, Lokasi atau Blok, Elevasi, serta detail lain yang diperlukan.
  2. Penggerusan/Penggilingan Penggerusan atau penggilingan dilakukan untuk mendapatkan sampel dengan ukuran hingga 4.75 mm. Penggerusan ini dilakukan menggunakan mesin Jaw Crusher.
  3. Pembagian Pembagian dan perataan diperlukan untuk mencampur sampel agar didapat proporsi yang homogen sehingga sampel representatif terhadap seam aktual.

    Pembagian dan perataan dilakukan menggunakan mesin Rotary Sample Divider yang merupakan mesin dengan 8 wadah stainless steel yang akan diputar untuk membagi proporsi sampel dengan seimbang.
  4. Pemanasan Sampel Kasar Setelah dilakukan pembagian dan perataan, sampel dengan ukuran kasar tadi akan dipanaskan ke dalam oven untuk mengurangi kadar air nya, umumnya pemanasan sampel kasar ini dilakukan kurang lebih selama 15 menit.
  5. Penghalusan Sampel kasar yang sudah selesai dipanaskan kemudian akan digerus agar ukuran nya lebih halus hingga 0.250mm (ASTM) atau 0.212mm (ISO) menggunakan mesin Raymond Mill Pulverizer, lalu sampel siap untuk dianalisis.

 

Post Tag
batubara
sampel
tahapan
analisa

Artikel Lainnya

PT Bawah Tanah Solusindo
Copyright © 2010 – 2024 All Rights Reserved
chevron-downchevron-down-circle
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram