Bawahtanah → Amerika Legalkan Penambangan Luar Angkasa
Rabu, 26 Oktober 2022

Amerika Legalkan Penambangan Luar Angkasa

Penulis -
Editor -
Bagikan
Sumber gambar: https://mmta.co.uk

Kabar baik untuk bumi! Kerusakan bumi segera bisa diminimalisir!

Bukan lagi menunggu meteor yang jatuh untuk dijual, tapi kini penduduk bumi sudah di tahap menambang secara mandiri di luar angkasa!

Material apa yang akan ditambang di luar angkasa?

Fakta bahwa sumber daya di bumi perlahan-lahan akan menipis tidak bisa dihindari. Solusi yang ditawarkan oleh para ilmuwan adalah dengan beralih menambang ke luar angkasa. Material yang ditambang adalah ASTEROID!

Asteroid yang ditambang dibagi menjadi 3, yaitu:

  1. Asteroid Tipe C (Berkarbon)

    Komposisi utamanya yaitu karbon organik dan fosfor yang manfaat utamanya untuk pupuk tumbuhan.

  2. Asteroid Tipe S (Mineral Silikat)

    Komposisi utamanya berupa logam seperti nikel, kobalt, emas, platinum, dan rodium.

    Dengan ukuran 10 meter, asteroidd ini mengandung kurang lebih 650 ton logam dan 50 kg logam jarang seperti platinum dan emas.

  3. Asteroid Tipe M (Moderat)

    Jenis asteroid ini jarang ditemui, namun sekali ditemui, kompisisi kandungan logamnya bisa mencapai 10 kali lebih besar dibanding Asteroid Tipe S.

Amerika mengesahkan dasar hukum pada tahun 2017 bahwa perusahaan swasta berhak untuk melakukan penambangan sumber daya luar angkasa (namun tidak memiliki benda langit).

Presiden Donald Trump juga menandatangani perintah yang mendorong pelaku usaha untuk melakukan penambangan di bulan, bintang, dan planet lain untuk tujuan komersial.

Saat ini JAXA dan NASA masih menjalankan misi pengambilan sampel asteroid untuk diteliti di bumi. Sebab di balik harga yang menggiurkan hingga kuadriliun, juga dibutuhkan teknologi yang mumpuni dan tentu saja biaya operasional yang tidak kecil.

Alasan mengapa penambangan luar angkasa ini dilakukan adalah karena hasil tambang di bumi dinilai tidak akan mencukupi kebutuhan peradaban manusia yang berkelanjutan di masa depan.

Geta jadi kepikiran, gimana ya cara hauling materialnya buat dibawa ke bumi? 😄

 

Hal-hal yang sebelumnya belum pernah terbayangkan bahkan belum pernah terpikirkan di pikiran kita, kini perlahan mulai menemui titik terang bahwa semuanya mungkin terjadi!

Penambangan di luar angkasa, dalam beberapa tahun kedepan akan menjadi hal yang wajar dan biasa!

Bahkan sekarang sudah ada loh universitas yang membuka jurusan khusus untuk mempelajari space mining ini. Bisa jadi pertimbangan nih buat generasi muda yang berorientasi masa depan untuk menjadi penambang asteroid.

Oke, kalau begitu kita mulai dulu untuk menengok inovasi-inovasi teknologi yang ada di dalam negeri, pelajari, analisis, dan kritisi kira-kira apa yang masih perlu diperbaiki dan dikembangkan.

Post Tag
Space
Mining
Tambang
Luar Angkasa
Asteroid

Artikel Lainnya

PT Bawah Tanah Solusindo
Copyright © 2010 – 2024 All Rights Reserved
chevron-downchevron-down-circle
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram