Bawahtanah → AKTIVITAS PIT TO PORT TAMBANG BATUBARA, ADA APA SAJA?
Jumat, 31 Maret 2023

AKTIVITAS PIT TO PORT TAMBANG BATUBARA, ADA APA SAJA?

Penulis - Elena S. Rahayu
Editor - Tim Bawahtanah
Bagikan
Sumber gambar: https://mifacoal.co.id/id/gallery/image/2

Aktivitas pengerukan dan pengangkutan batubara yang sering muncul di beranda social media ternyata hanyalah salah satu scene dari sekian banyak rangkaian proses pit to port activity. Sebenarnya kegiatan apa saja yang dilakukan di tambang hingga menghasilkan produk batubara yang siap untuk didistribusikan?

Secara umum ada 6 aktivitas atau tahapan yang dilakukan mulai dari area tambang hingga loading ke tongkang. Diantaranya adalah:

1. Land Clearing

Tahap pembersihan suatu lahan dari pepohonan dan keanekaragaman hayati lainnya sebelum lahan tersebut digunakan untuk area tambang. Tujuan dari land clearing adalah untuk memberikan akses dan ruang untuk penambangan dan menghilangkan potensi bahaya yang ditimbulkan oleh tumbuhan seperti kebakaran dan kerusakan pada peralatan dan fasilitas tambang.

2. Top Soil

Pengupasan lapisan tanah yang kaya nutrisi untuk disendirikan sebab akan digunakan lagi untuk reklamasi setelah kegiatan penambangan selesai. Hal ini juga dapat dikombinasikan dengan penggunaan teknik reklamasi yang bertujuan untuk memulihkan dan memperbaiki kondisi lingkungan setelah proses pengambilan tanah.

3. Drilling and Blasting

    • Drilling: pengeboran untuk membuat lubang untuk memasukkan alat dan bahan peledak
    • Blasting: Peledakan yang bertujuan untuk memecah dan menyederhanakan masa batuan.

4. Overburden Removal and Dumping

Pengangkutan lapisan batuan penutup yang telah diledakkan untuk dipindahkan ke area disposal. Overburden ini harus dipindahkan sebelum proses penambangan dimulai untuk mendapatkan akses ke deposit mineral yang diinginkan.

5. Coal Getting

Proses gali muat batubara menggunakan excavator dan dump truck untuk kemudian diangkut ke tempat penampungan (stockpile). Metode coal getting yang umum digunakan adalah open pit dan underground mining.

6. Coal Barging

Pemindahan batubara menuju port/pelabuhan untuk dimasukkan kedalam barge atau tongkang baik menggunakan conveyor maupun dump truck. Setelah dimuat tongkang akan dikemudikan ke lokasi tujuan untuk dibongkar dan dimasukkan ke vessel untuk dilanjutkan perjalanan menuju lokasi konsumen.

Penanganan batubara yang panjang ini harus dilakukan dengan benar agar kualitasnya tidak turun dan tetap terjaga sesuai dengan yang dijanjikan kepada konsumen saat diterima. Perencanaan yang matang dan pengelolaan yang efektif dalam aktivitas pit to port sangat penting untuk memastikan keselamatan, efisiensi, dan keberlanjutan dari seluruh prosesnya.

 

Baca Juga: 15 TUGAS DRILL AND BLAST ENGINEER YANG WAJIB KAMU KETAHUI 

Post Tag
pit to port activity
pit to port
aktivitas pertambangan
aktivitas tambang
kegiatan tambang

Artikel Lainnya

PT Bawah Tanah Solusindo
Copyright © 2010 – 2024 All Rights Reserved
chevron-downchevron-down-circle
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram