Bawahtanah → 4 PERTIMBANGAN UNTUK MENGGANTI ALAT BERAT TAMBANG
Jumat, 7 April 2023

4 PERTIMBANGAN UNTUK MENGGANTI ALAT BERAT TAMBANG

Penulis - Elena S. Rahayu
Editor - Tim Bawahtanah
Bagikan
Sumber gambar: https://www.cat.com/

Penggantian/replacement alat berat harus dipikirkan secara matang oleh perusahaan tambang mengingat harga yang tidak murah di pasaran.

Namun jika mengalami kerusakan yang berulang, apakah masih bisa dipertahankan?

Ada 4 hal yang wajib menjadi pertimbangan perusahaan ketika akan melakukan replacement alat berat, diantaranya yaitu:

  1. Penurunan Performa
    Biasanya disebabkan karena faktor usia alat berat yang sudah tua sehingga menyebabkan efisiensi produksi menurun. Apabila tidak diganti justru akan memakan biaya perawatan atau maintenance yang lebih besar.
  2. Perubahan Lingkungan Kerja
    Lingkungan kerja yang dimaksud adalah kondisi tambang atau metode penambangan. Misal perubahan metode penambangan yang awalnya open pit menjadi underground mining atau sebaliknya. Sebab beberapa alat tidak cocok digunakan di lingkungan kerja yang berbeda.
  3. Kemajuan Teknologi
    Semakin hari akan semakin banyak teknologi -teknologi canggih terbaru yang bisa menawarkan berbagai macam keunggulan mulai dari produktivitas, bahan bakar ramah lingkungan, dan sebagainya sehingga perusahaan perlu melakukan replacement demi kelancaran dan efisiensi operasional.
  4. Biaya Replacement
    Masing-masing perusahaan memiliki acuan perhitungan budgeting atau opportunity cost yang menentukan apakah alat berat akan dilakukan replacement atau maintennace. Keputusan ini akan dibuat berdasarkan perhitungan yang dirasa paling ekonomis untuk perusahaan.

Tujuan dari replacement alat berat ini tidak lain adalah untuk menyediakan peralatan berat yang mutakhir sesuai dengan perkembangan teknologi demi terlaksananya kegiatan produksi. Selain itu ada kalanya biaya perawatan melambung lebih tinggi dibandingkan biaya pembelian unit baru sehingga penggantian atau replacement alat berat bisa menjadi pertimbangan.

Baca Juga: Aktivitas Pit to Port Tambang Batubara, Ada Apa Saja?

Post Tag
penggantian alat berat
replacement alat berat
alat berat tambang
kapan alat berat harus diganti
mengapa alat berat harus diganti

Artikel Lainnya

PT Bawah Tanah Solusindo
Copyright © 2010 – 2023 All Rights Reserved
chevron-downchevron-down-circle
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram